Terungkap, Kiat Sukses Samsung : Rajin Promosi



AcehJournalPasific.com
- Sidang mengenai tuntutan hak paten Apple terhadap Samsung kembali digelar pada Senin (14/4/2014) lalu di Pengadilan San Jose, California, AS. Salah satu agendanya adalah mendengarkan pendapat dari pihak Samsung. Menurut mereka, kesuksesan Samsung dicapai karena strategi pemasaran, bukan meniru Apple.

Mantan CEO Samsung Mobile, US Division, Dale Sohn, adalah salah satu saksi yang dihadirkan oleh Samsung pada sesi dengar pendapat tersebut. Menurut Sohn, kesuksesan Samsung di AS dimulai pada tahun 2011 berkat perubahan strategi yang dilakukan Samsung, bukan meniru desain produk Apple.

Beberapa strategi Samsung yang diungkapkan Sohn adalah bagaimana cara Samsung menggandeng operator telepon seluler dalam hal pemasaran produk-produknya, serta keputusan untuk menganggarkan dana pemasaran yang lebih besar.

Karena melihat posisi Samsung yang tertinggal di belakang Apple, Samsung lalu memutuskan untuk mengubah cara mereka beriklan, dengan cara beriklan sepanjang tahun penuh.

Strategi tersebut berhasil, hingga pada akhir tahun 2012, Samsung menjadi salah satu merek yang terkenal di AS. Pangsa pasarnya melonjak dari 10 persen di tahun 2010 menjadi 30 persen pada akhir 2012.

Tidak hanya menghadirkan Sohn, Samsung juga menghadirkan developer Google untuk bersaksi bahwa fitur-fitur Samsung yang dituduh Apple ditiru, sebenarnya adalah hasil pengembangan Google.