Windows Phone Kalahkan Blackberry Di AS



AcehJournalPasific.com - Sistem operasi besutan Microsoft, Windows Phone, semakin menanjak popularitas nya di negeri asal nya, Amerika Serikat, mengalahkan pesaing nya yang kian redup, Blackberry.

Ubergizmo melansir, Minggu (27/4/2014), laporan Nielsen untuk kuartal pertama tahun 2014 menunjukkan bahwa Windows Phone menguasai 3% pangsa pasar sistem operasi mobile di AS. Jumlah tersebut sukses mengungguli BlackBerry yang hanya mendapatkan 2% pangsa pasar.

Sementara itu, Android masih menguasai pangsa pasar sistem oeprasi di AS dengan market share mencapai 52%. Disusul iOS milik Apple yang memiliki 42,5% pangsa pasar.

Untuk kategori vendor perangkat mobile, Apple menjadi yang teratas dengan mendominasi 42,5% pangsa pasar. Disusul oleh Samsung (28,7%), serta LG (7%). Sedangkan Nokia dan BlackBerry sama-sama berbagai 2% pangsa pasar.

Windows Phone disinyalir akan terus menunjukkan pertumbuhan yang meski lambat, namun diyakini akan terus mengarah pada tren positif. Terlebih, Microsoft belum lama ini telah merilis update sistem operasi Windows Phone 8.1 yang kabarnya sukses menarik perhatian sejumlah vendor perangkat untuk mengadopsinya.

Beberapa keunggulan Windows Phone 8.1 di antaranya adalah dukungan fitur USB On The Go (OTG) yang memungkinkan penggunanya untuk mencolokkan perangkat eksternal seperti flashdisk, ataupun keyboard melalui konektivitas USB yang tersedia.

Lalu ada fitur bernama 'Action Center' yang serupa dengan fitur 'Notification Center' pada sistem operasi Android. Disertakan juga fitur 'WiFi Sense', dan yang paling menarik adalah ketersediaan fitur asisten pribadi bernama Cortana mirip punya iPhone, Siri. (abhy)