Aceh Kembali Di Goyang Gempa



Jakarta -  Hari Minggu pagi (18/5/2014) pukul 08.02 Wib, terjadi gempa bumi berkekuatan 6,4 SR, dengan pusat gempa 342 km barat daya Kabupaten Aceh Jaya. Pusat gempa di laut dengan kedalaman 15 km.

"Tidak ada potensi tsunami," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (18/5/2014).

Adapun mengenai data yang disampaikan Sutopo berasal dari laporan BMKG. Sutopo menjelaskan, Posko BNPB telah menghubungi beberapa BPBD di Aceh. Gempa terasa sedang hingga cukup kuat beberapa detik oleh warga masyarakat di pesisir barat di Aceh Jaya dan Meulaboh (Aceh Barat).

"Sebagian masyarakat berhamburan keluar rumah," ujar Sutopo. Berdasarkan peta guncangan gempa, intensitas gempa berskala III-IV MMI (sedang). Belum ada laporan kerusakan bangunan. BPBD masih melakukan pengecekan di lapangan. Kondisi masyarakat tetap berjalan normal.

Dijelaskan Sutopo, lokasi gempa 6,4 SR yang terjadi pada pagi hari ini merupakan satu komplek dengan lokasi gempa 8,5 SR yang terjadi pada 11 April 2012. ''Tidak menimbulkan potensi tsunami," ucapnya.

"Masyarakat diimbau tetap waspada. Gempa bersifat quick on set. Artinya terjadi secara mendadak dan tidak ada tanda-tanda sebelumnya. Jika terjadi gempa secepatnya keluar dari bangunan dan berkumpul di tempat yang aman," ujar Sutopo. (yuri)