Pengamat : JK Serang Soal HAM, Prabowo Di Untungkan



Jakarta - Sebuah pertanyaan dari Jusuf Kalla mengenai isu HAM yang ditujukan pada Prabowo Subianto, dinilai pengamat komunikasi UIN Sunan Kalijaga, Iswandi Syahputra justru menguntungkan Prabowo.

"Pertanyaan soal HAM sangat menguntungkan Prabowo. Sebagai komunikator, selama ini Prabowo tidak punya momen guna menyampaikan pesan pada publik. Timingnya tepat, saat debat dia ditanya dan dia menjawab. Masalah lama melilitnya, Prabowo pasti sudah menyiapkan jawaban. Jawaban tersebut menunjukkan tidak ada kesan memaksakan diri untuk mengklarifikasi. Dan Prabowo berhasil menjelaskannya dengan baik tanpa menyerang balik JK," kata Iswandi Syahputra, saat dihubungi wartawan, Selasa (10/6/2014)

Iswandi menilai, JK dapat menuai sentimen negatif atas materi pertanyaan HAM tersebut.

 "Isu pelanggaran HAM oleh Prabowo ini sudah lama selesai. Tidak mungkin Prabowo menjadi Cawapres Megawati tahun 2009 yang saat ini justru mendukung JK dan Capres tahun 2014 jika urusan ini belum selesai. Jadi dengan mudah publik dapat menilai, isu HAM diangkat kembali oleh JK sangat tendensius hanya untuk membunuh karakter Prabowo. Bahkan bisa saja materi HAM ini menegaskan adanya titipan asing. Dan jelas ini bukan sikap seorang negarawan," ujar Iswandi. {jpnn}