Jepang Ajak Pemkot Banda Aceh Bangun Menara Penyelamat



Banda Aceh - Pemerintah Kota Banda Aceh dan Pemerintah Jepang berencana untuk, bekerjasama dalam mendirikan menara penyelamat, Safe Guard Tower (SGT) di kota Banda Aceh.  Pembangunan menara tersebut nantinya bekerjasama dengan sebuah perusahaan asal negara Jepang yang memproduksi besi baja, Nippon Steel and Sumikin Metal Products Co.,Ltd (NSMP)

Adapun menara tersebut kelak akan digunakan sebagai tempat penyelamatan bagi warga apabila terjadi gempa berpotensi tsunami, seperti gempa dan tsunami yang pernah terjadi 26 Desember 2004 silam.

Wali Kota Hj Illiza Saaduddin Djamal mengungkapkan, Pemerintah Kota Banda Aceh akan membahas usulan tersebut lebih lanjut di internal Pemerintah Kota. "Kita akan membahasnya lebih lanjut di internal Pemkot," kata Illiza, Selasa (8/7/2014).

General Manager NSMP, Hirotaka Futamura mengaku, pihaknya siap membantu Pemerintah Kota Banda Aceh dalam pembangunan tersebut.

"NSMP akan mentransfer teknologi dan kecakapan Teknik (know-how) dalam membangun Safe Guard Tower untuk Kota Banda Aceh," ujar nya. (abhy)