KPU Banyak Langgar Aturan, Pansus Pilpres Dibentuk



Jakarta
- Berdasarkan temuan Komisi II, Wakil Ketua Komisi II DPR, Khatibul Umam Wiranu, mengatakan, ada peraturan yang dilanggar KPU saat penyelenggaraan Pilpres 2014. Salah satunya, rekomendasi Bawaslu di abaikan oleh KPU.

"Juga ada dalam undang-undang yang menyatakan bahwa rekapitulasi oleh KPU dilaksanakan satu bulan setelah pencoblosan pilpres. Jadi, sudah wajar KPU menunda pengumuman hasil rekapitulasi karena belum sampai sebulan. Ada peraturan KPU yang patut disalahkan, dan kita tak boleh diam," ujar Khatibul, Rabu (23/7/2014).

Oleh sebab itu, Khatibul mendukung rencana pembentukan Pansus Pilpres Jilid II. Jika Pansus Pilpres menemukan adanya pelanggaran atau kecurangan dalam pilpres, tidak mustahil akan ada pemungutan suara ulang.

"Dalam pansus nanti, bila ditemukan adanya perbedaan, bukti-bukti bukan tidak mungkin pencoblosan ulang dilakukan karena bisa terjadi perubahan jumlah suara. Selain itu, pansus ini adalah untuk perbaikan pelaksanaan pileg maupun pilpres," sebut Khatibul. {okezone}