Rizal Ramli : Pemerintahan Jokowi Cuma Bertahan 2,5 Tahun



Jakarta - Oposisi setelah Pemerintahan SBY jauh akan lebih kuat, kritis dan galak. Jika pemerintahan hasil pemilu 2014 ini tidak canggih, pemerintah hanya akan bertahan paling lama dua setengah tahun. Hal tersebut di sampaikan oleh mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli, saat berdiskusi di press room DPR, Jakarta, Kamis (21/08/2014)

"Ke depan, oposisi akan jauh lebih serius dan konfrontatif. Kalau pemerintah tidak canggih, bisa DPR yang duapertiga jumlahnya beroposisi bikin banyak masalah. Prediksi saya, pemerintah hanya akan bertahan dua setengah tahun saja," ujar Rizal Ramli

Berbeda dengan pola oposisi di era SBY yang di sebut Rizal sebagai oposisi ecek-ecek. "Menurut saya, oposisi di DPR era SBY sesungguhnya ecek-ecek dan korupsi partai politik dibiarkan untuk menyenangkan elit partai," sebutnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan kalau presidennya tidak canggih, siapa pun presidennya sangat mudah terjerembab, karena memang banyak jebakan baik di internal APBN maupun kondisi eksternal.

"Sebaliknya, jika presidennya canggih dan berani membongkar APBN 2015, maka bisa-bisa pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen. Kuncinya bukan uang, tapi kebijakan,"pungkas nya. {jpnn}