Arab Saudi Berencana Hancurkan Makam Nabi Muhammad






AcehJournalPasific.com - Arab Saudi berencana akan menghancurkan dan memindahkan makam Nabi Muhammad SAW. The Independent melansir, usulan itu berasal dari dokumen konsultasi yang dipimpin akademisi terkemuka Arab Saudi.

Rencana penghancuran tersebut kini telah beredar di kalangan pengelola Masjid Nabawi, Madinah, dan berpotensi memancing reaksi dari seluruh umat muslim di dunia.

Beberapa ruangan di sekitar makam Nabi Muhammad yang selama ini sangat dihormati oleh umat Islam Syiah kabar nya juga akan turut di hancurkan.

Dalam dokumen yang terdiri dari 61 halaman itu juga berisi usulan untuk memindahkan makam Nabi Muhammad ke area pemakaman Al-Baqi. Di Al-Baqi, makam Nabi akan dibuat anonim, atau tanpa batu nisan.

Hingga kini belum ada tanggapan resmi dari pemerintah Arab Saudi. Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi beberapa tahun belakangan memberikan perhatian yang sangat serius, terkait usulan perubahan tempat-tempat suci umat muslim.

"Sekarang mereka ingin mencegah peziarah datang dan melakukan penghormatan ke makam, karena mereka percaya akan menyebabkan syirik, atau menyembah berhala. Tetapi, satu-satunya cara menghentikan orang-orang mengunjungi makam Nabi adalah dengan memindahkannya ke area pemakaman," ujar Irfan al-Alawi, Direktur Islamic Heritage Research Foundation.

Irfan juga menambahkan, setiap upaya mengubah tempat-tempat suci umat muslim dapat memicu kerusuhan dan berisiko menimbulkan ketegangan. {viva}