Awas, Sering Pakai Obat Kumur Ternyata Berbahaya !



AcehJournalPasific.com - Jika Anda termasuk orang yang suka menggunakan obat kumur, kini anda seperti nya harus berpikir dua kali. Sebab, berdasarkan penelitian, obat pencuci mulut atau obat kumur ternyata berisiko besar bagi kesehatan.

Umumnya, obat kumur di pasaran mengandung berbagai bahan seperti klorheksidin glukonat, etanol, dan metil salisilat yang bisa menjadi racun. Bahan kimia tersebut memang ampuh mengurangi bakteri penyebab bau mulut. Namun, kandungannya yang tinggi diketahui mampu mengganggu membran sel.

Tidak hanya itu, ada kaitan bahan kimia lainnya seperti etanol dan alkohol dengan peningkatan risiko kanker mulut. Sebuah studi terbaru di jurnal Free Radical Biology and Medicine mengungkap, pemakaian obat kumur dua kali sehari bisa meningkatkan tekanan darah hingga 3,5 milimetes of mercury (mmHg).
Tekanan darah yang meningkat memperbesar risiko terjadinya serangan jantung, juga penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke, serta berbagai masalah kesehatan lainnya.

Para ahli menyebutkan, kandungan kimia obat pencuci mulut, membunuh bakteri baik yang berperan dalam relaksasi pembuluh darah yagn terdapat dalam rongga oral. Bakteri baik ini menentukan kadar plasma nitrat hingga mengendalikan tekanan darah.

“Membunuh semua bakteri tiap harinya sangat berbahaya. Inilah risiko kesehatan di balik obat kumur. Pasalnya, sedikit peningkatan dalam pembuluh darah berefek besar pada kematian dan kecacatan akibat penyakit jantung dan stroke,” kata pemimpin riset, Amrita Ahluwalia.{tribunnews}