Butet : Pembunuh Aktivis HAM Munir Ada Di Kubu Jokowi




Batu - Orang yang diduga terlibat dalam pembunuhan aktivis HAM, Munir Said Thalib berada di lingkaran Jokowi. Orang yang dimaksud sudah disebut-sebut dalam persidangan kasus Munir. Hal tersebut di ungkapkan oleh seniman Butet Kartarajasa

Butet berharap, penguasa nanti mampu mengungkap dalang dibalik pembunuhan aktivis HAM tersebut. Menurut Butet, Presiden SBY telah gagal dalam mengungkap kasus ini. Ia tidak ingin mempunyai pemimpin yang mengulang kegagalan ini.

"Kita ingin pemimpin yang mampu memenuhi janji penegakan kasus-kasus HAM yang terjadi di Indonesia," kata Butet, usai membacakan monolog Aku, Pembunuh Munir yang ditulis Seno Gumira Ajidarma, saat peringatan 10 tahun Munir, Minggu (7/9/2014).

Butet mengaku ada harapan dalam mengungkap kasus ini dalam pemerintahan yang baru nanti. Semua kalangan akan mengingatkan terus terkait kasus ini. “Sebab jika tak bisa diungkap akan menjadi utang pemerintah terhadap rakyat Indonesia. Siapapun pemimpinnya," katanya.

Di sisi lain, Glen Fredli, disela-sela lagu-lagu yang dibawakannya menyampaikan pelanggaran HAM merupakan persoalan yang sangat krusial bagi penegakan demokrasi di negeri ini. "Kasus 1998 ada 13 orang yang masih hilang hingga sekarang, salah satunya adalah sahabat saya,"  sebut Glen.

Mira Lesmana, yang juga hadir dalam acara tersebut menyatakan bahwa, Munir adalah sosok atau simbol dalam berbagai persoalan HAM di Indonesia. "Munir adalah simbol HAM,"tegas nya. {okezone}