Ramadhan : Puan Bukan Negarawan



Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Ramadhan Pohan menilai Komunikasi politik Puan Maharani selaku ketua Fraksi PDIP di DPR belum mampu mengimbangi ayahnya, almarhum Taufik Kiemas (TK). Sebab, Puan bukan seorang negarawan seperti TK.

"Kalau bicara Mba Puan belum sampai levelnya Pak Taufik Kiemas. Kalau bicara Pak Taufik itu seorang negarawanan," kata Ramadhan.

Menurut dia, putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu tidak akan mampu menjalin komunikasi politik dengan partai Koalisi Merah Putih (KMP) di DPR.

Sementara PDIP beserta partai Koalisi Indonesia Hebat (KIH) memiliki tugas yang begitu berat di DPR. Mereka dituntut mengawal kebijakan pemerintahan Jokowi dalam lima tahun ke depan.

Oleh karena itu, kata Ramadhan, dalam rangka menjalin kerja sama politik, maka tidak sepatutnya partai berlambang banteng moncong putih itu memberi mandat kepada Puan.

"Kita tidak bisa serahkan komunikasi dengan yang tidak selevel utusan," kata Ramadhan.

Seperti diketahui, KIH merupakan partai pendukung pemerintah Jokowi-JK mengalami kekalahan secara berturut-turut melawan KMP di DPR. Dari beberapa kejadian terakhir, yakni pembentukan RUU Pilkada, MD3, pemilihan pimpinan DPR dan MPR. Dalam waktu dekat ini, DPR juga akan melakukan pemilihan terhadap pimpinan beberapa alat kelengkapan dewan.