Jokowi 'Kesal' dengan Menteri Susi



Jakarta - Walau Menteri Susi sudah bekerja secara maksimal dalam menindak para pencuri ikan di laut Indonesia, Jokowi masih merasa belum puas. Bagi Jokowi, hanya menangkap empat pelaku illegal fishing merupakan perbuatan sia-sia.
 
Ketika menerima laporan dari Susi Pudjiastusti mengenai hal tersebut, Jokowi pun meluapkan emosinya.

"Dia (Menteri Susi) lapor saya, kita kejar illegal fishing ketangkap empat, harusnya bisa puluhan," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, hari ini.

Jokowi pun sempat bertanya mengapa yang tertangkap hanya empat pelaku. "Terus kenapa enggak ketangkep banyak? Bensin habis Pak. Ini yang saya akan bicarakan dengan Staf Angkatan Laut dan Panglima TNI," ujar Jokowi.

Jokowi juga mengintruksikan jika menemukan pelaku illegal fishing ditemukan, maka harus diambil sikap yang tegas seperti mentenggelamkan pelaku, agar ada efek jera.

"Saya sampaikan kemarin, sudahlah enggak usah tangkep-tangkepan. Langsung tenggelamkan 10 atau 20 baru nanti mikir. Tapi orangnya diselamatkan dulu. Nanti jadi rame kalau sama negara lain. Tenggelamkan 100 biar nanti yang lain mikir. Kalau enggak kayak gitu ya kekayaan kita habis," kata dia.

Menurut Jokowi, pelaku illegal fishing di laut Indonesia diperkirakan ada ribuan, atas tindakan tidak terpuji itu. Setiap tahunnya Indonesia mengalami kerugian mencapai ratusan triliun rupiah. (Mer)