Susi Kuasai Pulau Sevelak, Anggota DPR : Itu Tanah Negara


 
Jakarta - Pulau Sevelak di Kabupaten Simeulue, Aceh, yang dikuasai oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, harus di kembalikan ke negara. Hal tersebut diungkapkan oleh anggota Komisi II DPR RI, Yandri Susanto.

"Apalagi sekarang dia pejabat negara, kalau prosedurnya salah kan aparat hukum bisa saja turun tangan. Tapi dari pada jadi polemik, serahkan saja pada negara. Saya yakin itu tanah negara kok," tegas Yandi, Kamis (13/11/2014).

Yandri menegaskan, pada prinsipnya pulau tidak boleh dikuasai orang per orang apalagi diperjual belikan ke pihak asing. Menurutnya, sebagai Menteri, Susi harusnya bisa memberikan contoh yang baik pada masyarakat.

"Kalau untuk pengelolaan perkebunan, tambang, boleh. Tapi tidak boleh dikuasai individu. Bahaya kalau dikuasai. Pejabat harus kasih contoh yang baik, kalau misalkan Ibu Susi atau siapapun yang kasih contoh tidak baik, nanti mancing orang lain menguasai daerah tertentu," kata Yandri.

Terkait hal tersebut, Yandri meminta BPN, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan bertindak untuk mencari tahu status pulau tersebut. Kalaupun sudah ada sertifikat, Yandri meragukan diperoleh dengan cara legal.

"Kalau sudah diubah status bisa jadi hutan lindung, itu kan belum ada sertifikatnya, belum ada jual beli. Intinya saya meragukan kalau ini diperoleh melalui produr yang benar mendapatkannya," tegas Yandri. {jpnn}