Illiza : Orang Mau Jadi PNS Karena Ada Jaminan Masa Tua



 Jakarta - Pemerintah berniat ingin mengubah pola pemberian manfaat pensiun dari bulanan menjadi hanya sekali di awal pensiun. Namun, masih ada yang ingin pensiun dibayarkan secara bulanan.

Wali Kota Banda Aceh‎, Illiza Sa'aduddin Djamal, menjelaskan, salah satu alasan sesorang tertarik menjadi PNS adalah bisa tetap 'gajian' setiap bulan, meski sudah pensiun.

"Kalau saya tanya-tanya, kenapa mereka ingin jadi PNS karena ada jaminan masa tua itu. Justru itu alasan mereka mau jadi PNS," kata Illiza saat ditemui di JCC, Jakarta, Selasa (24/03/2015).

Alasan lain, menurut Illiza, PNS itu identik dengan utang. Bila uang pensiun dibayar hanya sekali, jangan-jangan akan langsung habis untuk melunasi utang. Artinya untuk hidup ke depan, pensiunan tidak punya apa-apa lagi.

"Sebenarnya PNS itu identik dengan utang. Jangan sampai mereka pensiunnya dibayar sekaligus sama mereka dipakai untuk bayar utang. Mereka malah nggak dapat apa-apa," tegasnya.

Oleh sebab itu, Illiza menyarankan agar pemerintah pusat mengkaji soal gaji pokok PNS terlebih dulu. Setelah gaji pokok PNS dinilai sudah benar-benar memadai, baru bicara soal uang pensiun.

"Catatan saya, yang dikaji gaji dasar dulu. Saat ini apakah gaji PNS itu sudah mencukupi kebutuhan hidup layak atau belum. Setelah gaji dasar ini atau gaji pokok ini dianggap sesuai dan bisa menjawab kebutuhan dasar PNS, baru bisa dibahas mengenai pensiun," pungkasnya. {detik}.