Wulan Guritno Kumpulkan Uang Restorasi Film



Jakarta - Aktris Wulan Lorraine Guritno atau yang biasa disapa Wulan Guritno sedang sibuk mengumpulkan dana dalam rangka restorasi film-film di Tanah Air.

"Untuk restorasi satu film saja, membutuhkan dana sebesar Rp 2 miliar," ujar Wulan saat konferensi pers "Ayo! Film Indonesia" di Jakarta, Kamis (12/03/2015). Wulan menyebut setidaknya ada 200 film yang seharusnya direstorasi. Oleh karena itu, ia akan melakukan pengumpulan dana dari para filantropi.

"Film merupakan bagian sejarah penting bangsa, yang seharusnya dilestarikan. Apabila hilang, maka hilanglah salah satu bagian sejarah bangsa," jelas dia.

Dirjen Kebudayaan Kemdikbud, Prof Kacung Maridjan, mengatakan pihaknya mendukung restorasi film-film yang ada di Tanah Air. "Tahun lalu, kami merestorasi film Darah dan Doa," kata Kacung.

Kemdikbud menganggarkan dana sebesar Rp 3,6 miliar untuk perfilman pada 2015. "Pemerintah mempunyai komitmen untuk membantu para penggiat dan industri film," tugas Kacung.

Dalam kesempatan tersebut, juga diluncurkan kampanye "Ayo! Film Indonesia", yakni sebuah ajakan untuk meningkatkan penghargaan masyarakat terhadap film-film produksi anak negeri.

"Kami akan menjadikan Hari Film Indonesia 2015, sebagai awal gerakan kampanye ini," ujar Ketua Panitia Hari Film Nasional, Lance Mengong.