Jembatan Ambruk, YARA Somasi Bupati Aceh Singkil



Singkil – Pihak Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Aceh Singkil mengirimkan somasi kepada Bupati Aceh Singkil H. Syafriadi Manik, terkait jembatan di Kampung Baru Kecamatan Singkil Utara yang sudah ambruk, sehinggamengancam keselamatan masyarakat, khususnya bagi siswa SD saat melintas.

YARA menyebut, sejak setahun yang lalu, berdasarkan investigasi mereka, pihaknya telah memberitahukan kepada bupati setempat untuk segera membangun jembatan tersebut mengingat sudah rawan untuk dilalui.

“Karena informasi hasil investigasi yang telah kami sampaikan satu tahun lalu tidak ditanggapi, maka dengan ini kami mengirimkan somasi (peringatan dengan keras) kepada bupati Singkil, agar segera membangun jembatan yang terletak di Kampung Baru Singkil Utara,” tegas Ketua YARA Perwakilan Singkil, Irfan Efendi.

Dalam somasi yang salinannya juga diterima oleh wartawan, Kamis (12/03/2015), YARA memberi waktu paling lama satu bulan kepada Pemkab Singkil untuk membangun jembatan tersebut.

Jika pihak Pemkab setempat mengabaikan, YARA mengatakan, akan menempuh jalur hukum terhadap pengabaian hak-hak masyarakat. Somasi tersebut juga ditembuskan kepada Komnas HAM di Jakarta, Gubernur Aceh, DPRA dan DPRK Aceh Singkil.

Sementara, Sekda Aceh Singkil Drs. Azmi mengaku belum mengetahui soal adanya somasi yang dialamatkan kepada pimpinan Pemkab setempat. Namun dia menyebutkan kalau jembatan tersebut sudah selesai dibangun yang bersumber dari Provinsi Aceh.

“Kemarin saya melewati jembatan itu bagus kok. Tidak ada ambruk,” katanya saat dihubungi via seluler. {rakyataceh}