''Kami Minta Masyarakat Membiasakan Diri Dengan Harga BBM''



Jakarta - Pemerintah mengharapkan agar masyarakat untuk mulai membiasakan diri dengan harga BBM yang berubah-ubah.

Juru Bicara Kementerian ESDM, Saleh Abdurrahman menyebut, harga BBM saat ini sudah sesuai mekanisme fixed subsidy yang dianut Indonesia setelah mengacu pada perubahan harga minyak dunia.

"Kami terus meminta masyarakat untuk membiasakan diri dengan harga yang ada saat ini. Pemerintah akan tetap menjaga dan memperhatikan daya beli masyarakat meski ada perubahan harga," tutur Saleh dalam diskusi 'Pusing Pala Rakyat' di Jakarta, Sabtu (04/04/2015).

Saleh juga menghimbau pada masyarakat yang kendaraannya mampu menggunakan energi lain agar dapat beralih. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan bakar gas.

"Ini salah satu cara kita berhemat BBM. Kalau bisa pakai BBG, coba beralih sehingga kita tidak bergantung terus," harapnya.

Saleh juga meminta masyarakat mengurangi kebiasaan membelikan kendaraan pribadi untuk anak-anak usia pelajar.

Hal itu, kata dia, sama dengan pemborosan BBM. Sebaiknya pelajar, sambungnya, memiliki bus khusus untuk berangkat ke sekolah.

"Anak-anak kita kalau bisa ke sekolah pakai bus saja. Daripada satu orang satu motor. Lebih baik pakai kendaraan khusus untuk penghematan BBM," tegasnya. {jpnn}