Setiap Hari, 150 Kantong Darah Dibutuhkan PMI Kota Banda Aceh


Setiap Hari, 150 Kantong Darah Dibutuhkan PMI Kota Banda Aceh



Banda Aceh - Sekitar 150 kantong darah dibutuhkan setiap harinya oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh untuk melayani dua kabupaten/kota.

"Unit donor darah melayani 16 rumah sakit dan klinik di Banda Aceh dan Aceh Besar," kata Ketua PMI Kota Banda Aceh Qamaruzzaman Haqny di sela acara donor yang diprakarsai Hakka Aceh dan Nahdlatul Ulama (NU) Aceh, Minggu, (19/04/2015).

Qamaruzzaman menjelaska, jumlah tersebut dipergunakan untuk melayani kebutuhan reguler pasien dan kebutuhan pasien penderita talasemia. Dia mengaku pihaknya sempat kewalahan memenuhi kebutuhan darah. Belakangan, pihak PMI gencar melakukan sosialisasi ke berbagai komunitas dan lembaga sosial.

Qamaruzzaman menuturkan saat ini budaya dan kesadaran masyarakat untuk donor darah semakin tinggi di Banda Aceh. Kepedulian lembaga sosial akan sosialisasi donor darah juga sudah meningkat. Dulu banyak orang yang tidak paham manfaat donor bagi kesehatan. "Dengan semakin banyak pendonor, membuat kondisi stok darah di PMI Banda Aceh mencukupi."

PMI Banda Aceh juga menjemput bola, mendatangi mitra-mitra, dan mengaktifkan mobile donor darah setiap Minggu di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Banyak lembaga sosial yang aktif berkampanye dan mengadakan acara donor darah. Sabtu (18/04/2015), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banda Aceh mengajak para pelaku usaha wisata menggelar aksi donor darah di Hotel Rasamala.

"Aksi tersebut bagian dari HUT Banda Aceh ke 810," kata Kepala Disbudpar Fadhil. {tempo}