Gemar Menyalahkan Orang Lain, SBY Peringatkan Jokowi

Gemar Menyalahkan Orang Lain, SBY Peringatkan Jokowi


Jakarta - Mantan presiden SBY kembali mengingatkan Jokowi agar berhenti mencari-cari kesalahan dari luar, terkait permasalahan perlambatan pertumbuhan ekonomi maupun masalah lainnya. Dari pada mencari-cari kesalahan orang luar, lebih baik fokus mengatasi masalah itu dengan serius.

"Kalau perlu, dua minggu tidak tidur, para menteri dan jajaran kabinet bekerja serius bagaimana mencari solusi menaikkan pertumbuhan kita, masalah fiskal, dan sektor riil," tegas SBY, Senin (11/05/2015).

SBY menyebutkan, ada banyak solusi yang tersedia yang bisa dijalankan dalam masa pemerintahan yang masih panjang. Dirinya juga mengingatkan untuk melakukan hal serupa, terkait masalah hukum dan internasional.

"Saya dulu juga menghadapi banyak masalah, tetapi saya tidak menyalahkan siap-siapa. Pak Presiden Jokowi sebagai pemimpin fokus saja, saya siap mendukung," ujar SBY.

SBY menegaskan, Presiden Jokowi dan jajarannya perlu menelaah berbagai alternatif solusi dan alternatif langkah-langkah taktisnya dalam rangka mengembang mandat menyejahterakan rakyat.

"Lakukan saja solusi-solusi itu, kemudian lihat apakah terjadi perbaikan. Kalau belum, lakukan lagi solusi lain, itulah tugas Presiden. Pak jokowi jangan berkecil hati," pungkasnya.{viva}