Jokowi Bebaskan Wartawan Asing Masuki Papua Mulai Hari Ini



AcehJournalPasific.com - Mulai hari ini Minggu (10/05/2015) Jokowi memutuskan untuk membebaskan para wartawan asing untuk masuk ke wilayah Papua.

"Jadi untuk wartawan asing mulai hari ini sudah kita perbolehkan," ujar Jokowi usai melakukan panen raya di desa Wapeko, Merauke, Papua, Minggu (10/5/2015).

Jokowi tidak memberi alasan khusus terkait dibebaskannya wartawan asing saat ini dibolehkan masuk Papua. "Kita bebaskan untuk bisa masuk Papua sama seperti provinsi lain,'' sebutnya.

Awal Agustus 2014 lalu, dua wartawan Prancis, Thomas Dandois (40 tahun) dan Valentine Bourrat (29), ditangkap di Wamena, Papua, karena diduga menyalahi izin tinggal. Keduanya masuk menggunakan visa turis, namun diduga melakukan aktivitas jurnalistik.

Stanley Adi Prasetyo, anggota Dewan Pers di laman lembaganya pada 27 Oktober 2014 menulis banyak wartawan asing mengeluh tak bisa masuk ke Papua. Setiap kali mereka mengajukan permohonan visa secara resmi untuk masuk ke Papua pasti ditolak. Kesulitan masuk ini juga dialami oleh LSM asing maupun pekerja dan lembaga kemanusiaan. {dtk}