Pemerintah Dinilai Gagal Atasi Asap, Riau Minta Merdeka


kabut asap Riau



AcehJournalPasific.com | Kabut asap yang terus melanda Provinsi Riau dan daerah sekitarnya akhirnya telah memicu kemarahan masyarakat. Bahkan Lembaga Adat Melayu (LAM) di Riau mengancam akan memisahkan diri dari Indonesia.

LAM Riau menilai pemerintah telah gagal menangani persoalan kabut asap hingga saat ini. Padahal, hampir setiap tahun peristiwa kabut asap ini telah terjadi berulang-ulang. Namun tak kunjung ditemukan solusi.

Kepungan kabut asap di Riau terutama di Kota Pekanbaru memang sudah sangat mengkhawatirkan. Jarak pandang sangat terbatas sehingga aktivitas warga menjadi terganggu. Beberapa sektor mulai dari pendidikan hingga ekonomi telah lumpuh.

Selain itu, kesehatan warga mulai terganggu dan terserang berbagai jenis penyakit. Kondisi ini yang membuat LAM Riau bereaksi keras terhadap pemerintah pusat. Mereka menuding pemerintah telah gagal mengatasi tragedi kabut asap yang telah memasuki tahun ke delapan belas itu.

"Kami selalu terancam asap. Kami di Riau sadar akan hak-hak konstitusional dilindungi negara. Tapi kalau negara tidak bisa melindungi. Pilihan ada dua, pertama, merdekakan Riau dari Asap atau merdekakan Riau dari negara yang tidak mampu mengatasi asap," kata Ketua LAM Riau, Al Azhar kepada tvOne, Jumat.

Al Azhar menambahkan, kualitas udara di Riau khususnya Pekanbaru sangat mengkhawatirkan. Bahkan dampak pencemaran udara ini telah menunjukkan level berbahaya.

Hal tersebut dibuktikan dengan anjuran tim medis bagi warga untuk meninggalkan Riau mengingat oksigen yang tersimpan tak sampai lima persen. Idealnya, oksigen murni yang layak dihirup berkisar 21 persen.

via : viva.co.id