Demokrat Minta Pusat Selesaikan Konflik Aceh Singkil



Banda Aceh - Partai Demokrat meminta pemerintah pusat segera turun tangan dalam penyelesaian konflik suku, ras, agama dan antargolongan (SARA) di Aceh Singkil.

"Pemerintah yang lalu pernah menyelesaikan konflik senjata di Aceh dengan baik. Pemerintah saat ini diharapkan juga dapat segera menyelesaikan konflik Sara di Aceh Singkil hingga tuntas" ujar Wasekjen DPP Partai Demokrat,Teuku Riefky Harsya kepada sejumlah wartawan.

Karena, kata Riefky, persoalan SARA, seharusnya sudah tidak terjadi di Indonesia. "Pemerintah Pusat harus mendampingi Pemerintah Daerah kalau ingin konflik ini dapat dituntaskan, apalagi perbedaan Suku, Agama, Ras dan antar golongan dalam bernegara di jamin oleh konstitusi" terangnya.

Meskipun situasi sudah mulai membaik pasca terjadinya bentrok tersebut, kata Riefky, namun bukan berarti persoalan tersebut sudah tuntas.

"Kita harus menjaga perdamaian di Aceh, dan meminta semua pihak mendukung pemerintah Aceh Singkil untuk dapat menfasilitasi dan mencari solusi yang terbaik, sehingga toleransi dan kerukunan antar umat beragama yang sudah ada selama ini dengan saling menghormati dapat kembali terwujud,"ungkap politisi asal Aceh ini.

Selain itu, Riefky meminta pemerintah setempat segera membuat aturan yang tegas yang bisa menyelesaikan persoalan ini.

"Pemerintah harus gerak cepat, mengingat isu SARA sangat mudah untuk menyulut konflik," ungkapnya seraya meminta minoritas dan mayoritas bisa saling menghargai.(bhy)