Hasil Survei : Jokowi Gagal Sejahterakan Rakyat



Jakarta - Masa pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla (JK) saat ini sudah mencapai satu tahun. Selama itu pula beberapa keberhasilan dan juga kegagalan pemerintah turut menjadi temuan berbagai kalangan.

Salah satu lembaga survey nasional, Indo Barometer baru-baru ini melakukan survei terkait capaian pemerintah tersebut.

Menurut Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, persoalan paling banyak disorot masyarakat selama pemerintahan Jokowi-JK adalah perekonomian yang berimbas pada rendahnya kesejahteraan rakyat.

"Masalah paling tinggi memang ekonomi, mencapai 37,2 persen (responden), tapi masyarakat juga soroti politik dan penegakan hukum di Indonesia masih bermasalah," katanya saat jumpa pres di Jakarta, Kamis (08/10/2015).

Selain persoalan tersebut, lanjut Qodari, masyarakat memberi catatan pada sistem demokrasi yang diterapkan Indonesia. Dukungan masyarakat pada demokrasi Indonesia, menurutnya, cukup baik.

"Ya, walaupun mereka enggak puas-puas banget," ujarnya.

Selain itu, Qodari juga menjaring pendapat masyarakat terhadap para pembantu Jokowi. Hasilnya, Menteri Susi Pudjiastusi masih menempati rangking tertinggi di tengah masyarakat dengan kinerja paling baik.

"Yang saya salut, ini Pak 'Kepret' (Rizal Ramli) bisa masuk menteri yang tingkat evaluasinya tertinggi juga,"katanya.

Kemudian, program Jokowi yang dinilai baik oleh masyarakat adalah pemberian kartu sehat. Menurut Qodari, program tersebut mendapat penilaian positif dari 15,6 persen responden.

"Sedangkan kegagalannya adalah harga kebutuhan pokok yang masih tinggi dengan prosentase mencapai 17,3 persen," pungkasnya.

via okezone