Rini : Utang Dari China Berkat Lobi Jokowi


 
Jakarta - Menteri BUMN Rini Soemarno menyebutkan, utang yang didapatkan tiga bank BUMN dari China Development Bank (CDB) adalah merupakan hasil tindak lanjut MoU Jokowi dengan pemerintah China.

Rini mengungkapkan, tiga perbankan yang memperoleh pinjaman dari CDB adalah Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI.  Masing-masing perbankan BUMN mendapatkan dana USD1 miliar dengan total utang yang diberikan CDB USD3 miliar.

"Saya jelaskan soal pinjaman. Pinjaman CDB kepada BNI, BRI dan Mandiri adalah tindak lanjut dari MoU antara Presiden Jokowi dengan RRC. MoU tersebut berisikan program berjasa di berbagai bidang termasuk infrastruktur," ujar Rini di Ruang Rapat Komisi VI DPR, Jakarta, Kamis (01/10/2015).

Rini menyebutkan, skema peminjaman tiga perbankan BUMN kepada CDB sebagai modal memperkuat dalam penyaluran keuangan. Struktur utang tersebut 70 persen dalam bentuk dolar AS dan sisanya sebesar 30 persen dalam bentuk reminbi.

Sedangkan untuk waktu pembayaran, kata Rini disepakati selama 10 tahun dengan cleand based tanpa jaminan. "Pinjaman ini adalah kesempatan baik. Pinjaman ini akan menambah daya dukung bank BUMN untuk mendanai ekspor," pungkas Rini.

 via Okezone