Demi Tombol Ini, Google Rela Rugi Rp 1,5 Triliun Per Tahun





AcehJournalPasific.com - Di jaman sekarang rasanya tak ada orang yang tak kenal mesin pencari Google. Hampir setiap orang di dunia pasti sekali setiap harinya menggunakan Google. Namun, tidak semua orang tahu bahwa mesin pencari Google punya sebuah tombol berharga ratusan juta dolar.

Tombol tersebut adalah 'I'm feeling lucky'. Ya, tombol yang letaknya di bawah kolom pencarian di halaman utama mesin pencari Google ini berhasil membuat Google rugi USD 110 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun per tahun. Namun, apa penyebabnya ?

Rupanya, tombol kecil itu berkontribusi terhadap 1 persen pencarian Google tiap tahunnya. Nah, setiap seorang netizen menekan tombol 'I'm feeling lucky', mereka akan langsung diarahkan masuk ke situs yang mempunyai hubungan paling dekat dengan kata kunci pencarian yang dimasukkan.

Misalnya, saat Anda mengetikkan kata lipan, Anda bisa langsung masuk ke laman Wikipedia yang menjelaskan soal hewan lipan. Pencarian seperti ini membuat pengguna melewati iklan yang ada, dan secara otomatis memutus 'rantai' pendapatan Google.

Namun, meski bikin rugi, Google tetap berbaik hati memakai tombol ini karena membuat banyak pengguna  Google merasa terbantu dan akhirnya menjadi pengguna tetap Google. Tapi, tombol ini kemungkinan tidak akan merugikan Google di masa depan, sebab Google sudah membuat fitur iklan di laman awal mesin pencari mereka. {mdk}