Dianggap Kurang Terbuka, Ahok : Saya Disuruh Telanjang Bulat ?



Jakarta - Ahok mengaku tidak ambil pusing mengenai penilaian Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan RB) terhadap kinerja Pemerintah Provinsi DKI yang disebut kurang memuaskan.

Pemprov DKI mendapat nilai CC. Menurut Menpan RB, Yuddy Chrisnandi, penilaian itu bukan berarti Pemprov DKI bermasalah. Hanya saja kurang memuaskan. Hal itu juga bisa dilihat dari kemarahan yang kerap kali diluapkan oleh Ahok.

Ahok sendiri tidak mempermasalahkan penilaian yang diberikan oleh Yuddy.

Dia juga mengaku tidak tahu, dari segi apa penilaian yang dilakukan Kemenpan RB itu. Karena menurut Ahok, Pemprov DKI sudah sangat terbuka dalam memberikan informasi kepada publik.

Bahkan, Ahok berani mengklaim hanya pemerintahan yang dipimpinnya yang berani meng-upload video rapat pimpinan ke Youtube. Dan hanya Pemprov DKI yang berani membuka ke publik, bagaimana proses anggaran dilakukan.

"Kalau begitu apanya yang tak terbuka ? Saya disuruh telanjang bulat ? Kan soal data sudah kami buka," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (16/12/2015).

Penilaian yang diberikan adalah dengan melihat perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program di lembaga masing-masing.

Penilaian tersebut juga dilakukan terhadap Kementerian dan lembaga negara. Nilai yang diberikan adalah: D (dengan nilai 0-33), C (30-50), CC (50-60), B (60-70), BB (70-80), A (80-90) dan AA (90-100).

Daerah yang juga menerima penilaian CC sama seperti DKI Jakarta adalah Sumatera Utara (Sumut), Banten, Jambi, Nusa Tenggara Barat (NTB), Gorontalo, Aceh, Maluku, Papua Barat dan Makuku Utara. {tribun}