Exxon Mulai Bersiap Eksplorasi Migas Aceh Secara Besar - Besaran


 
Banda Aceh - Perusahaan minyak asal Amerika Serikat, ExxonMobil, akan melakukan eksplorasi minyak dan gas (migas) di Aceh secara besar-besaran. Perusahaan itu sudah mengoperasikan kembali ladang minyak Blok A di Aceh.

Dilansir dari situs Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Selasa (15/12/2015), eksplorasi migas besar-besaran ini disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam sambutannya pada Peringatan Hari Nusantara ke-15 di Pelabuhan Perikanan Samudra Lampulo, Aceh, akhir pekan lalu.

Jusuf Kalla mengatakan, dengan adanya aturan baru mengenai pengelolaan blok migas, eksplorasi besar-besaran di Aceh ini diharapkan dapat memberi manfaat yang besar bagi masyarakat luas. Namun demikian, harus diingat bahwa pengelolaan sumber daya alam ini memerlukan pengetahuan, teknologi dan modal serta semangat yang besar.

"Sumber daya itu akan menjadi tontonan apabila kita tidak mempunyai ilmu pengetahuan, upaya dan semangat yang besar. Untuk itu para generasi muda harus dapat menjadi sumber inspirasi masa depan," ujar JK.

Menurut JK, laut dapat menjadi sumber kekuatan apabila dijaga dengan sebaik-baiknya. Antara lain dengan cara menertibkan secara hukum pengelolaan perikanan secara ilegal, serta menjadikan angkatan laut sebagai kekuatan, yang dapat menjaga kedaulatan Indonesia sebagai negara maritim. {viva}