Ipad Kalah Saing, CEO Apple Hujat Tablet Buatan Google



AcehJournalPasific.com - Usai menjelek - jelekkan Microsoft Surface Book, November 2015 lalu, kini giliran laptop Google Chromebook menjadi bahan ejekan CEO Apple Tim Cook.

Dalam sebuah wawancara dengan Buzzfeed yang dilaporkan TheInquirer, Jumat (11/12/2015), Cook mengatakan laptop seri Chromebook tak lebih dari sekedar mesin-mesin untuk ujian sekolah (test machines).

Konteksnya, saat ini Chromebook telah menggeser peran Apple iPad sebagai perangkat pendukung proses belajar mengajar di sekolah-sekolah di AS.

Cook beralasan, hal tersebut karena Chromebook dibanderol dengan harga murah. Jika dilihat dari kualitas dan kemampuannya, Cook mengklaim produk-produk Apple lebih mumpuni untuk institusi pendidikan.

"Kami ingin membantu siswa belajar dan guru mengajar, bukan mengakomodir proses ujian," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Cook juga berikrar bahwa Apple tak akan membuat perangkat murah layaknya Google dan vendor-vendor lainnya. Apple, kata dia, akan konsisten memproduksi perangkat berkualitas, sekalipun perangkat murah lebih digandrungi pasar.

Untuk diketahui, penjualan Chromebook oleh institusi pendidikan semakin tinggi karena perangkat tersebut dianggap ideal. Selain murah, Chromebook juga tersedia cepat untuk jumlah besar sehingga bisa memenuhi kebutuhan siswa yang banyak pada minggu-minggu ujian.

Jika Cook mengistilahkan Chromebook sebagai "test machine", bulan lalu ia menobatkan Surface Book sebagai perangkat "delusional" yang mau jadi tablet dan laptop sekaligus tapi tak mampu. {kmps}