Merugi, Toshiba Tutup Pabrik Di Indonesia


 
Jakarta - Produsen laptop terkenal asal Jepang,Toshiba, diperkirakan akan meninggalkan bisnis televisi. Beberapa pabrik televisinya di luar negeri pun diisukan siap ditutup dan dijual ke pihak lain, termasuk yang ada di Indonesia.

Dikutip dari Nikke, Toshiba kabarnya sudah melakukan negosiasi final dengan mereka yang berminat pada pabriknya di Indonesia. Yaitu produsen elektronik asal Taiwan dan China yang belum diungkap namanya.

Jika jadi terjual, nilai pabrik di Indonesia itu diperkirakan di angka miliaran yen. Toshiba sebelumnya sudah menjual pabrik televisinya di Polandia pada manufaktur asal Taiwan, Compal. Selain di Indonesia dan Polandia, Toshiba juga berniat menjual pabrik televisinya di Mesir.

Namun, jika nanti tidak lagi membuat televisi sendiri, ada kemungkinan televisi merek Toshiba masih akan hadir di pasaran. Itu karena Toshiba membuka kemungkinan menjual lisensi mereknya pada produsen lain yang berminat.

Menurut Nikkei, Toshiba memang sudah berjuang keras agar bisnis televisinya bangkit, tapi tidak juga berhasil dan terus merugi. Sepak terjang produsen asal Korea Selatan seperti Samsung dan LG serta vendor asal China susah dibendung.

Pada tahun 2012 silam, Toshiba juga sudah berhenti membuat televisi di pabrik Jepang. Kemudian tahun 2013 lalu, pabriknya di China juga berhenti memproduksi televisi. {dtk}