Usai Rilis Ponsel Android, Saham Blackberry Membaik

priv


AcehJournalPasific.com
- Usai merilis Priv, vendor ponsel asal Kanada, BlackBerry, boleh bernapas sedikit lega. Setelah bertahun-tahun berkonsentrasi pada sistem operasi Android dari BB10, harga saham BlackBerry naik 11 persen.

Dilansir dari Forbes, Senin (14/12/2015), ekosistem smartphone BlackBerry kembali diterima pengguna gadget. Ini terlihat dari masa awal penjualannya, Priv ditawarkan beberapa operator AS sekaligus seperti AT&T, Amazon, Best Buy dan retail raksasa Walmart.

Tapi tugas CEO John Chen masih jauh ke depan. BlackBerry ada dalam posisi yang sulit, dengan sedikitnya sumber daya cadangan, portofolio melemah dari perangkat dan kurangnya penerimaan di luar basis pengguna inti.

Jika BlackBerry fokus membuat hardware, sangat penting memastikan mereka tidak merugi lagi ketika menjalaninya. Beberapa perusahaan mungkin senang melepas divisi smartphone mereka, tetapi tidak untuk BlackBerry.

Chen telah menyatakan secara terbuka bahwa divisi smartphone perlu menguntungkan atau akan disingkirkan dari portofolio. Untuk itu, Blackberry perlu menjual setidaknya lima juta unit per tahun untuk mencapai keseimbangan.

Sekadar informasi, Priv merupakan smartphone Android pertama BlackBerry yang mengusung keyboard fisik gaya sliding dengan tingkat sekuriti tinggi. Dalam beberapa waktu ke depan, BlackBerry diharapkan mengumumkan hasil penjualan smartphone tersebut bersamaan dengan laporan kuartal ketiga 2015. {okz}