Bergelar 'Kota 1001 Warung Kopi', Banda Aceh Akan Gelar Festival Kopi Internasional

illiza


Banda Aceh
- Kota Banda Aceh akan menggelar Festival Kopi Internasional pada tanggal 7-12 Mei 2016 mendatang. Ibukota Provinsi Aceh yang berjuluk 1.001 warung kopi ini ingin mengangkat kopi lokal ke tingkat internasional.

Hal itu dikemukakan Wali Kota Banda Aceh Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal, disela kunjungannya ke Teras Cikapundung, Kota Bandung, Kamis (27/04/2016).

"Kopi Aceh itu terkenalnya kopi arabica. Memang Banda Aceh tidak punya kopi yang khas, tapi kita punya pengolahan kopinya. Kita dibantu Kemenpar untuk mengangkat festival ini ke tingkat Internasional," ujar Illiza.

Banda Aceh Coffee Festival tersebut juga bersamaan dengan gelaran Rakernas Jaringan Kota Pusaka. Selain festival kopi, kata Illiza, juga akan digelar festival kuliner dan lainnya.

"Akan ada penampilan tari dari pentas seni juga dari seluruh wilayah di Indonesia yang tergabung jaringan kota pusaka," terangnya.

Illiza mengungkapkan saat ini banyak bertebaran warung kopi di Banda Aceh yang menjadi tempat nongkrong favorit. Karenanya Banda Aceh dijuluki Kota 1.001 Warung Kopi.

"Enggak sah kalau ke Banda Aceh belum ngopi. Kita itu kan kota 1.001 warung kopi. Bisa ngopi-ngopi seharian dengan fasilitas Wi-Fi,"pungkasnya. [dtk]