Bendera Bulan Bintang Ditemukan Berkibar Di Aceh Besar

bendera gam


Banda Aceh – Selembar bendera bulan bintang ditemukan berkibar di tiang listrik Gampong Blang Tingkeum, Kemukiman Lamteuba, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar. Bendera itu langsung diturunkan polisi bersama TNI.

Kapolsek Seulimum, Iptu Yulizar Lubis mengatakan, temuan tersebut mulanya diketahui oleh warga sekitar. Kemudian melapor ke pos keamanan setempat. Setelah itu Polsek Seulimeum bersama personel TNI dari Kompi C 113 Raider Lamteuba serta anggota Koramil Seulimeum langsung menuju lokasi untuk kemudian bendera itu diturunkan.

“Saat itu kita juga berkoordinasi dengan Komite Peralihan Aceh (KPA) setempat. Mereka mengaku tidak mengetahui adanya pengibaran bendera bulan bintang, bahkan tidak ada perintah menaikkan bendera,” ungkap Kapolsek saat dihubungi, Selasa, (31/05/2016).

Ia menduga, pengibaran bendera bulan bintang dilakukan seseorang pada malam hari. Sehingga pada Senin 30 Mei 2016, aparat keamanan menurunkan bendera yang masih kontroversial itu meski sudah disahkan dalam Qanun atau peraturan daerah (perda) provinsi Aceh.

“Kita harapkan kepada semua pihak untuk menjaga kondisi yang damai ini. Apalagi sebentar lagi tahun depan akan ada pemilihan kepala daerah,” tegasnya.

Seperti yang diketahui, status bendera bulan bintang sebagai bendera Aceh masih menuai pro-kontra. Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) sudah mengesahkan bendera itu menjadi bendera daerah, namun Pemerintah Pusat tak menyetujui. Pusat meminta agar bendera itu diubah bentuknya agar tak menyerupai bendera GAM.


sumber : okezone