Bertemu Gubernur Aceh, Warga Sri Lanka Malah Minta Kapal Baru


warga sri langka dan zaini



Aceh Besar - Gubernur Aceh, Zaini Abdullah alias Doto Zaini mengunjungi warga Sri Lanka etnis Tamil yang terdampar di Pantai Lhoknga, Sabtu (11/06/2016) lalu. Kunjungan orang nomor satu Aceh tersebut untuk melihat langsung kondisi para pencari suaka itu, Jumat (17/06/2016).

Dalam kunjungan itu, Doto Zaini juga menyerahkan sejumlah bantuan baik makanan dan peralatan lainnya. Abu Doto datang ke lokasi didampingin oleh Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi dan beberapa kepada Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) lainnya.

Doto Zaini sempat berbincang dengan salah seorang perempuan warga Sri Lanka. Anehnya, para pencari suaka itu malah meminta kapal baru kepada Pemerintah Aceh. Alasannya, kapal yang mereka tumpangi sudah tak layak lagi berlayar.

"Mereka minta kapal baru kepada saya. Katanya kapal yang sekarang sudah banyak rusak dan tidak layak lagi berlayar," kata Zaini Abdullah mengulangi ucapan warga Sri Lanka itu.

Pemerintah Aceh, kata Abu, sudah memperbaiki mesin kapal yang dinyatakan rusak. Permintaan bahan bakar sebanyak tujuh ton juga sudah dipenuhi oleh Pemerintah Aceh.

"Semua sudah kami penuhi. Apabila cuaca mendukung, warga Sri Lanka akan segera ditarik ke perbatasan laut Indonesia," ungkap Abu Doto.


sumber : AJNN