Jelang Meugang, Mualem Bagikan Sedekah Rp 100 Ribu Pada Ratusan Warga

mualem bersedekah


Banda Aceh - Ratusan warga dari berbagai kabupaten di Aceh mendapat sedekah Rp 100 ribu perorang dari orang nomer dua di Aceh, Muzakir Manaf. Uang itu diperoleh setelah menunggu dari pagi di depan rumah dinas Wakil Gubernur Aceh tersebut.

Pembagian uang kepada ratusan warga itu dilakukan pada pukul 17.00 WIB, Jumat (03/06/2016). Warga yang sudah berkumpul di depan rumah Muzakir Manaf langsung mengantre untuk menemui panitia pembagian sedekah yang berdiri di pintu keluar. Salah satu pintu pagar ditutup rapat, sedangkan pintu keluar hanya dibuka untuk muat satu orang.

Perempuan lintas usia mengantre di depan. Setelah menerima uang Rp 100 ribu, mereka kemudian keluar dari kediaman Muzakir. Beberapa warga terlihat membawa anak kecil. Setelah habis kaum hawa, baru giliran pria yang mendapat jatah. Nominal yang mereka terima sama.

"Saya dapat Rp 100 ribu. Walaupun jumlahnya sedikit tapi sudah membantu," kata seorang warga dari Aceh Utara, Anwar Sopian.

Anwar mengaku sudah menunggu di kediaman Muzakir sejak Kamis (02/06/2016) pagi kemarin. Ia awalnya datang ke Banda Aceh untuk mencari kerja. Namun saat melihat orang lain sudah berkumpul di sana, Anwar ikutan menunggu.

"Nunggu sampai belum makan," jelas Anwar.

Sementara itu, Juru Bicara Partai Aceh, Suaidi Sulaiman, mengatakan, uang Rp 100 ribu yang dibagikan kepada warga hari ini merupakan sedekah dari Muzakir Manaf. Setiap tahun menjelang meugang, selalu ramai warga yang menunggu di kediaman wagub.

"Ini sedekah Muzakir Manaf. Mudah-mudahan bisa digunakan untuk kebutuhan meugang," kata Suaidi.

Menurut pria yang akrap disapa Adi Laweung, warga yang berkumpul dilayani Muzakir semampu dia. Uang sedekah yang diberikan tergantung kemampuan.

"Jangan lihat nominalnya. Tapi warga dibantu semampu pak Muzakir," jelasnya.