Asyiknya Mudik Di Aceh Dengan Bus SuperMewah

bus mewah di aceh


Banda Aceh – Dalam menyambut hari raya Idul Fitri, kegiatan mudik sepertinya sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Ada yang menggunakan kendaraan pribadi, dan ada juga yang memilih tipe transportasi umum seperti bus.

Bagi mereka yang mudik dari Aceh, sangat tak sulit memilih angkutan umum, karena ada sederet bus supermewah berupa jet bus dengan desain dan interior yang mewah siap memanjakan pemudik.

Salah satunya adalah bus double decker atau bertingkat, Sempati Star. Bus yang digadang-gadang sebagai transportasi darat terbaik di Indonesia itu melayani trayek Banda Aceh-Medan. Bus ini menjadi salah satu favorit pemudik di Aceh.

Interior bus mewah ini cukup memanjakan para penumpang. Kursiya luas dan empuk lengkap selimut serta bantal kecil yang lembut. Ada juga LCD untuk tiap penumpang dan lampu warna-warni yang temaram dalam bus sehingga membuat penumpang tetap nyaman.

Bus bertipe The New Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 ini terdiri dari dua kelas. Tingkat satu supereksklusif dan tingkat dua kelas eksklusif. Lantai atas sendiri terdapat 34 kursi dengan penyangga kaki, bantal, serta selimut. Selain itu mini-LCD terpasang di tiap-tiap bagian atas kursi, persis serupa pesawat kelas bisnis. Ada audio system yang bisa dinikmati selama perjalanan.

“Beda dengan bus yang lain, kalau seperti ini sudah seperti berada di dalam pesawat. Ada LCD-nya, jadi enggak bosan selama di jalan nanti,” kata Aini, seorang penumpang Bus Sempati Star Double Decker, saat ditemui Okezone di Terminal Terpadu Banda Aceh, Senin (04/07/2016).

Sementara itu lantai bawah hanya tersedia empat kursi. Fasilitas yang cukup mumpuni membuat pemudik benar-benar seperti berada di pesawat kelas bisnis.

“Kalau seperti ini sudah seperti kelas bisnis di pesawat nih,” kata Ari, penumpang bus lainnya yang hendak mudik ke Medan, Sumatera Utara.

Fasilitas lain dimiliki bus itu adalah karaoke, layar datar besar di depan tiap penumpang, serta minibar untuk lantai bawah. Sehingga walaupun harga tiket bus ini mahal, penumpang tak segan merogoh koceknya.

Selain itu di sisi pinggir kursi yang berbatasan langsung dengan dinding bus, terdapat port USB, headset, serta beberapa tombol lain.

“Kalau harga memang agak mahal, saya jalan ke Medan harganya Rp500 ribu. Biasanya sekira Rp200-an kalau naik bus biasa. Katanya harga itu sudah dinaikkan sementara 20 persen selama jelang Lebaran,” kata seorang penumpang bernama Rizki.

Harga satuan per kursi untuk bus ini lebih tinggi daripada menggunakan bus biasa. Bila lantas bawah hingga menyentuh angka Rp500 ribu per kursi. Lantai atas sedikit ekonomis yakni Rp300 ribu per kursi.

Bus double decker juga dilengkapi dengan toilet di belakang penumpang lantai dasar. Di samping toilet berdiri tangga yang menghubungkan antara lantai pertama dengan atas. Bus ini bisa melaju dengan kecepatan 150 kilometer per jam tanpa mengusik kenyamanan penumpang di dalamnya.

Selain bertingkat, ada bus eksklusif lain di Aceh yang tak kalah seru. Misalnya bus tronton dan patas lainnya dengan interior dan desainnya yang di atas rata-rata, full-AC, dan lengkap fasilitas wifi. Tinggal pilih saja busnya, ada Sempati Start, Kurnia, Anugerah, Pelangi, Putra Pelangi, PMTOH, Harapan Indah, Royal, dan lainnya.


via okezone