Pengamat : Jika Ahok Menang, Jakarta Akan Ribut Terus

ahok


JAKARTA - Apabila Pilgub DKI Jakarta 2017 dimenangkan oleh petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) maka isu sektarian akan terus digunakan untuk menyerangnya.

Hal tersebut disampaikan oleh pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris dalam diskusi dan launching aplikasi RameID di Menteng, Jakarta, Sabtu (11/02/2017).

"Kalau Ahok menang, pasti isu sektarian. Kemenangannya pun pasti akan digugat dengan isu kecurangan dan segala macam," bebernya.

Menurut Haris, kemenangan Ahok memang akan membuat kesulitan baru. Pasalnya, kasus hukum Ahok selaku terdakwa penistaan agama berjalan bersamaan dengan ajang pilkada. Dia mengatakan bahwa kemenangan Ahok akan sulit diselesaikan dalam jangka pendek.

"Ini lebih dari setahun Jakarta akan ribut terus kalau Ahok menang. Sulit diselesaikan dalam jangka pendek," ujarnya.

Haris menekankan, bahwa pemerintah pusat juga akan mengalami kesulitan dalam menangani dampak kemenangan Ahok. Pasalnya, jika terlalu ikut campur menghadapi kemenangan Ahok nantinya malah dituduh berpihak.

"Satu-satunya cara yang penegakan hukum. Jadi, yang bertindak di luar hukum ditindak. Masyarakat saat ini kondisinya masih mudah terbawa isu etnis dan agama," tegasnya.


via rmol.co