Harga Bawang Putih Melonjak Mahal, Mendag : Tak Usah Makan

bawang putih


JAKARTA - Harga bawang putih di tingkat pedagang, mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Harga normal bawang putih yang sebelumnya berada di kisaran Rp35 ribu sampai Rp40 ribu per kilogram, merangkak naik menjadi di angka Rp50 ribu per kg.

Lantas, bagaimana respons Menteri Perdagangan mendengar kabar tersebut?

“Bawang putih, tidak usah makan bawang putihlah,” kata Enggartiasto, usai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa 25 April 2017.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia, Abdullah Mansuri, tak memungkiri bahwa harga bawang putih di pasaran hampir menembus angka Rp50 ribu per kg. Kenaikan tersebut, terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok Tanggerang, dan Bekasi (Jabotabek).

“Jabodetabek kenaikan rata-rata itu naik menjadi Rp40 ribu per kilogram, dari harga normal yang berada di kisaran Rp35 ribu per kilogram. DKI Jakarta itu tertinggi, sebesar Rp47 ribu per kilogram,” kata Abdullah.

Kendati demikian, Abdullah masih belum mengetahui secara pasti, kenapa terjadi kenaikan harga. Terlebih, Indonesia selama ini dikenal sebagai pengimpor bawang putih. Sehingga, tidak ada data yang valid untuk menunjukkan gambaran penyebaran komoditas tersebut ke berbagai daerah.

“Kita selama ini tidak produksi, tetapi stok di pasar aman. Tetapi, kami masih belum, tahu apakah ada masalah di pelabuhan, sehingga harga jadi terpengaruh,” ujarnya.


via viva.co.id