Tiket Pesawat Mahal, Jokowi Mengaku Kaget

jokowi


JAKARTA - Jokowi mengaku kaget ketika mengetahui harga tiket pesawat yang mahal akhir-akhir ini. Jokowi menyebut akan segera memanggil BUMN Migas PT Pertamina terkait dugaan monopoli penjualan avtur yang disebut menyebabkan naiknya harga tiket pesawat sejumlah maskapai penerbangan.

"Berkaitan dengan harga tiket pesawat saya terus terang kaget dan malam hari ini saya baru tahu mengenai avtur yang ternyata avtur yang dijual di (Bandara) Soekarno-Hatta itu dimonopoli oleh Pertamina sendiri," kata Presiden Joko Widodo dalam acara Gala Dinner Peringatan HUT ke-50 Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) di Puri Agung Convention Hall Jakarta, Senin (11/02) malam.

Ucapan Jokowi lantas itu ditertawakan oleh hadirin yang sebagian besar adalah para undangan dari industri perhotelan dan restoran di Indonesia. Terkait dengan hal itu, Jokowi akan memanggil Direktur Utama PT Pertamina untuk menanyakan persoalan tersebut. "Besok pagi saya akan undang Dirut Pertamina, pilihannya hanya satu," katanya.

Jokowi mengklaim, akan memberikan pilihan kepada Pertamina apakah bisa memberikan harga yang sama dengan harga internasional atau tidak. Jika tidak bisa, ia akan mengizinkan pesaing lain. "Kalau tidak bisa saya akan masukkan kompetitor lain sehingga terjadi kompetisi," ujarnya. {rpblk}