Dana Haji Dipakai Untuk Infrastruktur, Dubes RI : Ratusan Kuota Haji Untuk Indonesia Tidak Terpakai

dubes ri


MEKKAH - Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebril, menyayangkan banyaknya kuota jemaah haji Indonesia yang tidak terpakai setiap tahunnya. Agus mengaku mengetahui hal tersebut melalui sistem e-Hajj.

"Saya suka buka sistem e-Hajj, terakhir saya buka 31 Juli. Data yang muncul di situ selama saya bertugas tiga tahun, ada kuota yang tidak terpakai. Dan ini jumlahnya dua kali lipat kuota Brunei," kata Agus saat rapat evaluasi penyelenggaraan ibadah haji 2019 di Mekah, Selasa malam, (6/8/2019).

Rapat evaluasi penyelenggaraan ibadah haji tahun 2019 ini dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, anggota DPR RI dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji 2019.

Menurut Agus, kuota haji yang tak terpakai pada tahun 2016 sebanyak 759. Selanjutnya, pada 2017 sebanyak 935, 2018 sebanyak 649, dan 2019 sebanyak 520 orang. Kondisi ini tentu sangat disayangkan, mengingat butuh usaha lebih untuk memperoleh kuota tambahan.

"Nanti kalau ditanya Arab Saudi bagaimana jawabnya? Kamu saya kasih kok enggak dipakai," ujar Agus.

Menurut Agus, butuh payung hukum untuk memanfaatkan kuota haji yang tidak terpakai ini. Seperti apakah perlu kuota yang tak terpakai ini diberikan ke Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

"Kalau dikasih ke (kuota) haji khusus kan bisa melanggar juga. Mohon ini apakah perlu dibuatkan payung hukumnya," ujarnya.


via viva