Yusril : Ahok Bukan Orang Indonesia Asli, Tidak Akan Bisa Jadi Presiden - Aceh Journal Pasific

Tuesday, 3 April 2018

Yusril : Ahok Bukan Orang Indonesia Asli, Tidak Akan Bisa Jadi Presiden





JAKARTA - Keluarga Basuki T Purnama alias Ahok merasa tidak terima dengan pernyataan Yusril Ihza Mahendra yang mengungkap kewarganegaraan ayah kandung Ahok. Seperti apa ceritanya?

Yusril menyampaikan hal itu ketika ia berpidato di pembukaan tabligh akbar Kongres Umat Islam di Sumatera Utara, Jumat, (30/03/2018).

Dalam salah satu bagian pidatonya, Yusril menyatakan Ahok tak bisa jadi Presiden Republik Indonesia. Yusril menjelaskan, Ahok bukan orang Indonesia asli.

"Ahok tidak lahir sebagai orang Indonesia, Bapak Ahok (Tjoeng Kim Nam) itu Warga Negara Tiongkok dan ketika ada penentuan kewarganegaraan tahun 1962, Tjoeng Kim Nam memilih kewarganegaraan Tiongkok. Ahok lahir tahun '66, otomatis jadi Warga Negara Tiongkok, bisa dilihat itu di catatan sipil," ujar Yusril.

Yusril kemudian menyebutkan Ahok baru jadi WNI sekitar tahun 1980-an. Yusril dan Ahok memang berasal dari satu daerah yang sama, yakni Belitung Timur. Yusril bahkan mengaku, sering berbincang dengan bahasa China dengan Ahok jika bertemu.

"Saya kalau bicara bisa, tapi kalau baca koran (China) tidak bisa," pungkas Yusril.


via dtk

Bagikan artikel ini

BACA JUGA :
comments