Makan Pempek Dan Pecel Di Palembang Dikenakan Pajak 10%, Rakyat Kecil Mengeluh

pempek


PALEMBANG
- Pemkot Palembang saat ini mulai mengenakan pajak 10% bagi seluruh pedagang. Tidak terkecuali, pedagang kaki lima juga ikut dikenakan pajak. Apa respons para pedagang dan warga?

"Kenapa dipungut pajak. Seharusnya itu diberi modal tambahan, bukan malahan dipungut pajak. Kasihan pedagang kecil," kata pedagang di Pasar 16, Indah ketika ditemui di Ampera, Selasa (8/7/2019).

Indah mengaku pemungutan pajak itu bakal membebani pedagang. Apalagi jika dalam pelaksanaannya tak diawasi secara ketat.

"Iya itu kan pakai alat pantau ya kalau tidak salah. Namanya alat pasti bakal disalahgunakan, kami pedagang juga khawatir. Tentu harga jual harus kami sesuaikan," katanya.

Sebagai informasi, Pemkot Palembang kini mulai menempatkan alat tapping-box pada setiap pedagang. Sekitar 300 alat mulai dipasang untuk memantau penghasilan pedagang dan mengetahui jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Penerapan ini pun membuat kaget warga dan pedagang. Mereka menganggap jika kebijakan tersebut akan berdampak pada kenaikan harga.