Kejar Penunggak Iuran, BPJS Kerahkan 3000 Orang Debt Colletor - Aceh Journal Pasific

Tuesday, 24 September 2019

Kejar Penunggak Iuran, BPJS Kerahkan 3000 Orang Debt Colletor

bpjs


JAKARTA - Mengatasi banyaknya peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang masih menunggak pembayaran premi, BPJS Kesehatan terus melakukan sosialisasi bahkan penagihan langsung kepada 15 juta peserta.

Penagihan tersebut dilakukan melalui para relawan yang menjadi kader Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Sampai Juni 2019 lalu, terhitung jumlah kader relawan ini hingga mencapai 3.288 orang.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Selasa (24/09/2019) Kepala Humas BPJS Kesehatan Muhammad Iqbal Anas Ma'ruf mengklaim, sistem kerja mereka dilakukan dengan menggunakan tele-collecting, menelpon hingga SMS ke para peserta yang menunggak. Cara kerjanya bisa dibilang mirip dengan debt collector atau para penagih utang.

Meskipun kader JKN melakukan penagihan layaknya seorang 'debt collector', Iqbal menjelaskan relawan ini tidak diperkenankan meminta uang secara langsung. Namun, peserta akan diarahkan ke tempat pembayaran resmi.

"Skema penagihannya tidak langsung dibayarkan pada relawan. Tapi bisa ke loket BPJS atau diminta ke rekanan BPJS Kesehatan seperti mini market yang ditunjuk dan ATM," ujar Iqbal.

Bagikan artikel ini

BACA JUGA :
comments