Pakar Kesehatan AS : Memakai Masker Tidak Akan Melindungi Anda Dari Corona - Aceh Journal Pasific

Monday, 2 March 2020

Pakar Kesehatan AS : Memakai Masker Tidak Akan Melindungi Anda Dari Corona

corona


AcehJournalPasific.com - Merebaknya kasus Corona di Indonesia, membuat sebagian masyarakat yang panik berlomba-lomba membeli masker. Namun ternyata hal tersebut tidak akan melindungi manusia dari virus Corona, menurut Profesor spesialis pencegahan infeksi di Fakultas Kedokteran Universitas Iowa, Amerika Serikat (AS), Eli Perencevich.

"Anda tidak hanya tidak membutuhkannya, Anda tidak boleh memakainya," kata Perencevich dilansir dari Forbes, Senin (02/03/2020).

Perencevich menegaskan, tidak ada bukti bahwa memakai masker pada orang sehat akan melindungi mereka.

"Mereka memakainya secara salah dan mereka dapat meningkatkan risiko infeksi karena mereka lebih sering menyentuh wajah mereka," ujarnya.

Perencevich menjelaskan, memakai masker tidak akan menghentikan virus dari mencapai mulut atau hidung kita. Karena virus corona ditularkan melalui tetesan, bukan melalui udara.

"Itu berarti Anda tidak dapat menghirupnya secara acak, tetapi itu juga berarti masker bedah standar yang kamu lihat dipakai orang tidak akan membantu (agar tidak tertular)," katanya.

Karenanya, masker dibuat bukan agar Anda tidak tertular, namun untuk mencegah pemakainya tidak menyebarkan penyakit ke orang lain.

"Satu kali kamu memakai masker adalah jika Anda sakit dan Anda harus meninggalkan rumah," kata Perencevich.

Bagikan artikel ini

comments