Terungkap, Ternyata 238 WNI Yang Dipulangkan Dari Wuhan Tak Dites Virus Corona - Aceh Journal Pasific

Sunday, 1 March 2020

Terungkap, Ternyata 238 WNI Yang Dipulangkan Dari Wuhan Tak Dites Virus Corona

mahasiswa indonesia dari wuhan


JAKARTA - Pemerintah Indonesia telah berhasil memulangkan 238 mahasiswa Indonesia dari Wuhan, China. Namun, ternyata mereka dipulangkan ke rumah masing-masing tanpa menjalani pemeriksaan virus corona. Alasannya, alat tes yang mahal.

Dialihbahasakan dari The Economist, Minggu (01/03/2020), para WNI yang telah dievakuasi dari Wuhan menjalani masa karantina di Natuna selama dua pekan. Selama itu pula mereka tidak dites virus corona.

Kementerian Kesehatan beralasan, pengujian tidak dilakukan karena harga alat pengujian yang mahal. Untuk reagen ditaksir dengan harga kisaran Rp 1 miliar.

Alasan lainnya pengujian tidak dilakukan lantaran para WNI dinilai dalam kondisi sehat. Sehingga, menurut SOP yang ada tidak perlu dilakukan pemeriksaan virus corona.

Sebelumnya, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan, Wiendra Waworuntu mengatakan ada dua alasan ratusan WNI yang dikarantina di Natuna tidak diperiksa tenggorokan, salah satu langkah untuk mendeteksi virus corona di tubuh manusia. Pertama, karena biaya mahal. Biaya Rp 1 miliar hanya untuk reagen (perangkat periksa). “Orang tidak diperiksa swab karena reagen-nya mahal,” kata dia awal Februari lalu.

Alasan kedua, ratusan WNI yang dikarantina di Natuna sudah dalam kondisi sehat saat mereka pulang dari Wuhan, China. Sehingga tidak perlu periksa tenggorokan.

“Kalau ada keluhan WNI di Natuna hanya sebatas gatal atau kepala pusing, tidak demam atau sakit tenggorokan, sehingga tidak perlu periksa dengan reagen,” ujar dia.


via suara

Bagikan artikel ini

comments